--> 5 Masjid Indah Dan Unik di Dunia | Artikel Unik Sandika

Review Games| Review movie dan anime| Review Aplikasi| Berita Teknologi| Artikel unik dan menarik| Tips dan trik keren| Tutorial dasar

Saturday, October 11, 2014

5 Masjid Indah Dan Unik di Dunia

| Saturday, October 11, 2014

Bismillahirrahmanirrahim !! kali ini saya akan membagikan info menarik seputar islam. semoga artikel ini mendapat kesan positif dari pembaca.

Untuk sebelumnya didalam islam ada yamg kita sangat kenal namanya adalah masjid tempat suci bagi umat muslim menjalankan rutinitas rohaniah atau shalat. terdapat sangat banyak muslim yang ada di dunia ini dan pastinya banyak juga masjid yang dibangun sebagai sarana ibadah.

mesjid merupakan sarana ibadah yang bersih dan suci serta indah dan menawan, nah disini saya akan membagikan beberapa info tentang mesjid unik di dunia , mulai dari bentuknya hingga letaknya. penasaran seperti apa saja bentuknya , langsung saja simak ulasan singkat di bwah ini

1. Masjid Pink, Filiphina 

Masjid Pink, Filiphina


Masjid yang terletak di Maguindanao, Cotabato Filipina ini sangat lah menarik perhatian para pengunjung dikarenakan warna mesjid yang di cat dengan warna full pink sehingga membuat mesjid ini sangat mencolok dari kejauhan. Pembangunan meajid ini ditangani dan menggunakan dana dari walikota cotabota itu sendiri dan dia juga yang meresmikan mesjid indah ini.
menurut informasi yang saya dapatkan, cat pink ini dikehendaki oleh sang istri. Karena menurutnya warna pink adalah lambang keharmonisan sesuai dengan agama islam yang harmonis serta untuk membuat sesuatu yang tampak berbeda. Mesjid ini pastinya sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun dalam negeri itu sendiri.
2. Masjid shanke yadem, Turki


Masjid shanke yadem, Turki
SUBHANNALLAH !! Kata pertama yang saya ucapkan ketika mengetahui asal usulnya mesjid ini. Mengapa ??
karena mesjid ini dibangun oleh seorang muslim miskin di turki yang rela tidak makan demi tercapainya sebuah impian yaitu membangun sebuah mesjid nama orang itu ialah khairudin affandi sedangkan nama mesjidnya adalah  “Shanke Yadem” (Anggap Saja Sudah Makan) nama yang sangat unik bukan !
mesjid yang terletak di  sebuah kawasan Al-Fateh, di pinggiran kota Istanbul ini memiliki bentuk  sangat sederhana, sebuah pagar persegi empat, ditandai dengan dua menara di sebelah kiri dan kanannya, sedangkan di sebelah arah kiblat ditengahnya dibuat seperti mihrab. Banyak orang yang tidak percaya ini tapi percayalah jika impian suci dan bersabar akan membuahkan hasil. Belajarlah dari kisah nyata ini


3. Masjid Agung Djenne, Republik Mali

Masjid Agung Djenne, Republik Mali
Tepatnya di kota Djenne, Republik Mali di Afrika Barat kita bisa melihat sebuah meajid berwarna cokelat lumpur . Berdasarkan tekstur bentuk apakah kalian tahu kalau mesjid ini terbuat dari lumpur??!!. Yak, meajid ini memang terbuat darill lumpur. Lumpur yang dipanaskan di bwah matahari  lalu di cetak menjadi padat sebagai dinding utamanya dan untuk lumpur halusnya di gunakan sebagai plester tembok lumpur teraebut. Separuh dari atap mesjid ini tertutup oleh keramik dan bisa dilepas. Atap nya disangga oleh 90 tonggak kayu.
Sangat unik melihat bangunan full lumpur ini. Para wisatawan biasanya datang pada hari renovasi masjid yang biasa disebut "re-mudding". Hal menarik lainnya adalah bangunan mesjid ini merupakaansalah satu situs warisan dunia UNESCO.

4. Masjid Raya Sultan Riau, Pulau penyengat, Kepulauan Riau

Masjid Raya Sultan Riau, Pulau penyengat, Kepulauan Riau


beralih ke indonesia, sebenarnya banyak mesjid unik lainnya , tapi saya akan membahas yang jarang dibahas oleh para blogger lainnya. Di indonesia terdapat sebuah pulau yang bernama pulau penyengat terdapat di kepulauan riau tidak jauh dari kota tanjung pinang dan dipisahkan oleh laut. untuk menyeberang kesana anda hanya perlu menaiki transportasi laut yang sudah disediakan. di pulau ini kita bisa melihat sebuah mesjid yang unik.

yang membuat mesjid ini sangat unik adalah karena bangunannya dibuat dengan menggunakan putih telur. mesjid ini dibangun oleh  Sultan Mahmud pada tahun 1803.
Bangunan utama masjid ini berukuran 18 x 20 meter yang ditopang oleh 4 buah tiang beton. Di keempat sudut bangunan, terdapat menara tempat Bilal mengumandangkan adzan. Pada bangunan Masjid Sultan Riau terdpat 13 kubah yang berbentuk seperti bawang. Jumlah keseluruhan menara dan kubah di Masjid Sultan Riau sebanyak 17 buah yang melambangkan jumlah rakaat shalat wajib lima waktu sehari semalam. Di sisi kiri dan kanan bagian depan masjid terpdat bangunan tambahan yang disebut dengan Rumah Sotoh (tempat pertemuan).

Tidak hanya mesjid nya yang unik, Pulau penyengat juga banyak meninggalkan banyak sejarah bahkan sempat menjadi situs warisan dunia UNESCO. Karena kita hanya membahas tentang mesjid unik di dunia maka dari itu kita tidak akan membahas sejarah pulaunya. untuk lebih lengkapnya bisa kalian searching di wikipedia.

5. Masjid Larabanga, Mali

Masjid Larabanga, Mali


Beralih lagi ke afrika dan masih dengan bentuk bangunan yang sama pula yaitu terbuat dari lumpur. nama mesjid ini adalah Masjid Larabanga yang berada di Sawla Damongo Road, Larabanga. mesjid ini merupakan salah satu yang tertua di afrika. mesjid ini di bangun oleh seorang saudagar muslim bernama Ayuba pada tahun 1421M. dilihat dari bentuknya mesjid ini sangat lah unik berbeda dengan mesjid lainnya karena bentuknya yang menyerupai bangunan sudan kuno.

Ukuran masjid ini tak terlalu besar, bisa jadi hanya seukuran sebuah surau di Indonesia. Ukurannya hanya 8 x 8 meter. Namun nilai sejarahnya yang tinggi memasukkan masjid ini kedalam dalam daftar warisan dunia tahun 2001 dan juha masuk ke dalam daftar 100 situs dunia dalam bahaya versi the World Monuments Fund’s.
 mesjid ini dilengkapi dengan kerangka struktur ataupun pilar pilar yang menopang atapnya. Sangat khas dengan dua menara kembar berbentuk piramida yang masing masing berfungsi sebagai menara dan mihrab masjid. Diramaikan lagi dengan beberapa pilar tambahan dengan puncak yang menjulang memberikan keragaman ketinggian pada atap masjid dan dibangun menggunakan lumpur dan tiang tiang untuk menopang nya

Related Posts

1 comment: