--> 10 Mitos Zaman Dulu Yang Masih Dipercaya Hingga Sekarang | Artikel Unik Sandika

Review Games| Review movie dan anime| Review Aplikasi| Berita Teknologi| Artikel unik dan menarik| Tips dan trik keren| Tutorial dasar

Saturday, October 11, 2014

10 Mitos Zaman Dulu Yang Masih Dipercaya Hingga Sekarang

| Saturday, October 11, 2014
    
Mitos

 Postingan kali ini akan membahas tentang mitos yang ada pada zaman dahulu yang masih dipercaya di zaman sekarang. Mitos merupakan sebuah kepercayaan terhadap terjadinya sesuatu yang buruk tertimpa pada kita apabila kita melanggar sebuah pantangan. Kebanyakan mitos dikaitkan dengan hal berbau mistis seperti gaib dan ramalan umum yang sering terjadi. dikarenakan pada zaman dahulu teknologi masih kuno, tidak secanggih sekarang. Maka mungkin saja mitos ini ada. karena pada zaman dahulu kebanyakan orang mempercyai hal gaib dan bahkan memujanya. Mitos atau pantangan ini dianggap ada karena kebanyakan hal yang terjadi secara umum memberikan dampak yang sama kepada kejadian tersebut. sehingga para manusia zaman dahulu mengaitkan dengan hal mistis dan dianggap tabu untuk melakukan sesuatu yang secara umum menjadi sebuah kebiasaan aneh yang berulang pada suatu kejadian yang sama.

 Nah, Apa pantangan atau mitos itu masih ada sekarang di zaman serba modern ini. pasti ada karena sebagian besar orang masih mempercayai hal itu dan juga memang ada mitos yang nyata terjadi. Namun tidak lagi banyak berita tentang pantangan mitos tersebut. Mungkin efek dari kemajuan teknologi yang canggih sperti sekarang yang bisa melakukan apapun yang di inginkan hingga melacak kehidupan supra natural.

Pertanyaan nya ?? Apa masih adakah mitos yang beredar di kalangan masyarakat sekarang ini ? jawabannya ada ! tetapi tidak tau apakah benar atau tidaknya sebuah mitos ini. dan apa saja bentuk mitos yang masih dipercaya pada zaman modern ini, Langsung saja kita bahas 10 mitos zaman dulu tersebut.


  • Tidak boleh potong kuku malam
Pantangan ini kononnya dianggap tabu bagi masyarakat teutama di indonesia, karena jika pantangan ini dilanggar kita akan mati menjadi batu. Pantangan ini sudah ada sejak zaman dulu , tetapi sekarang tampaknya mitos ini sudah banyak di langgar orang dan terbukuti tidak terjadi apa apa. Menurut saya pantangan ini terlalu ekstrim dalam pengartianya karena tidak mungkin manusia mati menjadi batu apalagi pada zaman sekarang.

  • Tidak boleh berbaring telungkup sambil mengangkat kedua kaki keatas
Ini adalah salah satu mitos yang masih saya percaya, entah kenapa saya percaya begitu saja. mungkin karena faktor didikan dari kecil saya. menurut orang zaman dulu pantangan ini tidak boleh dilanggar , apabila melanggar nya orang tua kita akan meninggal. maka dari itu saya masih percaya pada salah satu mitos ini. entah apakah masih ada yang percaya apa tidak itu semua tergantung kalian karena pada faktanya ini adalah sebuah mitos.

  • Tidak boleh foto bertiga
pantangan ini mungkin dipercaya karena hanya kebetulan saja terjadi. sebenarnya yang mengatur hidup dan mati seorang hanya lah Allah SWT. Tapi kembali lagi pada kalian mau percaya atau tidak
pantangan ini intinya tidak boleh foto bertiga karena orang yang berada di tengah akan mendapat musibah atau mungkin meninggal. tapi sekarang sudah banyak yang mengabaikan pantangan ini.

  • Tidak boleh memasukkan kunang kunang kedalam kuku
Pantangan diatas pengartiannya juga sangat mainstream, Mengapa tidak, karena jika melanggar pantangan ini akan menjadi hantu. disebut menjadi hantu mungkin karena kepercayaan oarang zaman dulu yang menganggap binatang cantik ini merupakan jelmaan kuku para mayat yang sudah meninggal. ini juga merupakan satu lagi yang menurut saya takhayul yang tidak tau kebenarannya sebab belum pernah saya mendengarkan atau membaca tentang kejadian  seperti di atas.

  • Wajib meludahi dan melangkahi jika kencing di sembarang tempat
 Pantangan ini sering saya lihat pada waktu saya masih kecil. Banyak teman saya yang mempercacyai hal ini. Mereka meludahi bekas air kencing mereka dan melangkahinya tujuannya agar orang lain tidak melangkahi bekas kencing mereka karena pada saat itu mereka percaya bahwa jika kebiasaan ini tidak di lakukan dan orang lain melangkahi bekas air kencing mereka, maka dampaknya perut orang yang kencing sembarangan tersebut akan kembung, entah iya atau tidak secara saya juga bingung karena masih ada saja orang yang percaya hal begini.

  • Tidak Boleh bermain petak umpet di malam hari
Permainan seru petak umpet mungkin tidak asing di telinga kita. Permainan kuno ini ternyata ada faktor mistis nya juga.Orang dulu percaya Permainan ini tidak boleh dimainkan di malam hari karena akan di sembunyikan oleh setan. Menurut saya ini hanyalah sebuah gertakan orang tua zaman dulu untuk menghentikan anak mereka yang bermain tanpa henti.Permainan ini sekarang tidak berlaku lagi sekarang dan pastinya pantangan tersebut juga perlahan lahan akan ditelan zaman.

  •  Jangan menyangkung di depan pintu pada pagi hari
Ibu saya sering memarahi saya jika hal ini saya lakukan. menurut kepercayaan orang zaman dulu menyangkung di depan pintu pada pagi hari akan membawa sial dan menghalangi rejeki yang mau masuk kerumah. Percaya atau tidak ini hanya lah sebagian dari sebuah mitos yang masih dipercaya oleh sebagian orang.

  • Jangan Sapu pada malam hari
Defenisi nya hampir sama seperti point di atas , intinya menghalau rejeki yang masuk. karena orang zaman dulu percaya malam hari adalah pengumpulan rejeki dan jika di sapu maka rejeki itu akan keluar lewat pintu. Kadang saya tertawa mendegngar dampaknya. tapi saya hormati itu semua dengan menjaga pantangan ini siapa tau ini sebuah kenyataan.
Jangan Memukul orang lain dengan Sapu
Pantangan ini masih biasa saya dengar di daerah saya, intinya sapu itu adalah sebuah pembersih kotoran , nah jika di pukul menggunakan sapu berarti kita sama saja dianggap sebuah kotoran yang ingin di bersihkan dari bumi ini. Itu tadi menurut pendapat saya. tapi menurut orang zaman dulu memukul dengan menggunakan sapu akan menyebabkan kehilangan orang tua juga. Entah mungkin ini semacam karma atau pembalasan dari tuhan. Mungkin saja orang tua zaman dulu memberikan pantangan ini untuk menakut nakuti saja.
 
  • Jangan Mengucap Kata kata kotor di sembarang tempat
Pantangan terkakhir mungkin kerap kali kita dengarkan terutama di indonesia , SECARA indonesia itu merupakan negara penuh misteri. Pantangan tersebut mungkin saja nyata berlaku apabila kita melanggar nya karena berkaitan dengan kehidupan dunia lain. Contohnya saja sebuah pulau di daerah saya namanya pulau senoa , disana kita tidak boleh berbicara asal asalan. ada banya peraturan dan pantangan di pulau nan indah itu. jika peraturan di langgar pasti penunngu pulau itu marah dan menghukum kita contohnya memberikan kita sakit, ataupun bencana lainnya.



Mungkin sekedar itu saja informasi yang bisa saya sampaikan, Semuanya kembali lagi ke kita mau mempercayai atau tidak. Kebanyakan dari sebuah mitos tidaklah nyata adanya. Sebagian bisa saja sebuah larangan biasa yang di buat orang dulu untuk mengelabui anak anak mereka. Tapi jangan salah, tidak semua itu hanyalah larangan belaka, mungkin ada juga yang nyata adanya mungkin karena pengaruh mistis atau apapun itu namanya. Tapi percaya lah bahwa semuanya telah di atur oleh sang maha kuasa karena dia yang menentukan rejeki,sakit,hidup dan mati kita. artikel di atas hanyalah sebagian dari sebuah informasi tentang sejarah yang ada serta sebagai sarana hiburan. 

Jangan lupa Baca artikel menarik laiinnya dan jadi lah reader yang sopan setidaknya meninnggalkan sedikit jejak saja untuk menghargai sebuah karya orang lain. THANK YOU !!

Related Posts

12 comments:

  1. keren bro..tp yang namanx mitos diciptakan oleh nenek moyang kita dengan tujuan tertentu hehehe.
    kaya ,awas kalo liat ada cewe jalan sendiri ditengah malam bisa jadi kuntianak..sebenarnya untuk melindungi kalo suatu saat ada cewe yang sedang jalan seniri biar gak diganggu cowo yang lagi ronda malam wkwkwk..makasih kunjungannx di www,berlalu,com A.K.A kangdroid,blogspot,com gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan .. semuanya kembali lagi ke kita mau percaya atau tidak , thank you atas kunjungannya gan ....

      Delete
  2. Namanya aja Indonesia.. masih percaya mitos.. padahal sekarang bukan lagi jamannya mitos..

    ReplyDelete
  3. Namanya aja Indonesia.. masih percaya mitos.. padahal sekarang bukan lagi jamannya mitos..

    ReplyDelete

  4. menyajikan informasi dari bumi lancang kuning

    Klik...kami di....
    www.halloriau.com

    ReplyDelete
  5. Halo Bosku, Kami dari www.mandirqq.com ingin mengajak
    bosku bermain di MandiriQQ. MandiriQQ menawarkan promo
    menarik juga loh bosku..
    Bonus Refferal 20% (Pembagian Hari Senin)
    Bonus Deposit 3% (Pembagian Setiap Hari)
    Bonus TO Mingguan up to 0.8% (Pembagian Hari Senin)
    Syarat & Ketentuan Berlaku ...
    Pembagian Bonus di bagi Setiap Jam 12 Siang dan paling
    lambat jam 3 Sore ^^
    MandiriQQ menyediakan game Poker, DominoQQ, BandarQ, AduQ
    dan Capsa Susun. Selain 5 game tersebut kami juga
    menyediakan Sabung Ayam dan Mesin Slot ( Joker ).
    Langsung saja datangi livechat kami ya bos di
    www.mandiriqq.com

    ReplyDelete
  6. mengulas tentang mitos memang suatu hal yang unik dan menarik
    http://www.kangalip.com/

    ReplyDelete

  7. Assalamu alaikum... Maaf jika ada kata2 kami tdk berkenan di hati.
    Kami hanya menginpormasikan buat Semuanya bagi yg mengalami kesulitan apapun itu jika menurut Anda itu sulit diselesaikan
    Anda bisa Konsultasi atau minta bantuan kepada orang yg saya temui kemarin yg sangat bisa di percaya yaitu Atas nama Mbah Wirang,
    Beliaulah kemarin yg telah membantu Saya dan keluarga terlepas dari Masalah yg menurut kami begitu Sulit untuk di selesaikan bersama yaitu masalah Hutang sama tetangga dan Rentenir kurang lebih 327 Juta mungkin bagi orang yg mampu hutang segitu tidak lah sulit namun bagi kami itu malah sebaliknya…
    Beliau kemarin membantu kami dengan 2 cara permainan togel dan pesugihan,,,
    Sayapun mengadukan Nasib saya di permainan Togel singapur kemarin alhamdulillah Ternyata hasilnya tdk mengecewakan, kami menang banyak di 3 putaran Kami bersyukur dgn hasil tersebut dan akhirnyapun kami lepas dari hutang piutang yg ada,,,
    Serta kami punya modal besar untuk usaha warung kami,,,kami mengucapkan banyak terimah kasi Atas jasa Mbah Wirang kepada kami sekeluarga karna Tanpa bantuannya mungkin kami belum bisa
    Seperti sekarang,,,,,
    Dan Info bagi anda yg punyah masalah silahkan minta bantuan kepada Mbah Wirang dengan cara Anda bisa telpon di 082346667564 / +6282346667564 insya allah mbah siap membantu anda, tapi mbah bukan munafik, mbah tidak menerima imbalan/sogokan dalam bentuk apapun, kecuali MAHAR yang sudah dijelaskan, karna Mahar tersebut mbah gunakan buat keperluan RITUAL tidak dan harus disiapkan, dibayar sebelum RITUAL


    ReplyDelete
  8. Born to a wealthy family is the fate of these idols. But that does not mean they become artists because of the result of his parents. They fight from zero,
    togel singapura

    ReplyDelete
  9. Butuh Bandar Online terpercaya ?
    Yuk join aja menjadi member Di TogelPelangi

    Menyediakan permainan ;
    Togel
    Live dd48red blue

    serta memberikan prediksi terakurat

    DISKON Pemasangan :
    4D ; 66%
    3D : 59%
    2D : 29%

    Support 4 Bank terbaik :
    BCA
    MANDIRI
    BNI
    BRI

    Hot Promosi Jackpot Super Lucky
    Promo New Member
    Komisi Referal 1%

    Daftar sekarang bos : www.togelpelangi.com/daftar

    Info dan contact :

    BBM D8E23B5C
    LINE togelpelangi
    No telp.dan W.a +85581569708

    Silahkan bos



    ReplyDelete
  10. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/lionel-messi-dan-trio-baru-barcelona.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/gunung-sinabung-meletus-warga-diimbau.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/aneka-destinasi-untuk-liburan-akhir.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM

    ReplyDelete
  11. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete