--> Legenda Dan Cerita Rakyat Natuna | Artikel Unik Sandika

Review Games| Review movie dan anime| Review Aplikasi| Berita Teknologi| Artikel unik dan menarik| Tips dan trik keren| Tutorial dasar

Sunday, May 4, 2014

Legenda Dan Cerita Rakyat Natuna

| Sunday, May 4, 2014
       Indonesia merupakan sebuah negara yang identik pada Legenda Dan Cerita Rakyat, Bahkan pada masa modern sekarang pun masih ada yang percaya takhayul atau pamali yang diceritakan orang tua dahulu. Entah benar atau tidak legenda tersebut saya jyga tidak tahu tapi yang pasti ada salah satu yang benar. Legenda banyak sekali tersebar di seluruh daerah indonesia ... dan kali ini saya akan membagikan sedikit tentang sejarah Legenda Dan Cerita Rakyat Natuna, Langsung saja:

1. Legenda pulau senoa

Senoa island
Pulau senoa yang terletak di perairan natuna ini memang sangatlah indah bentuknya juga unik, Apa kalian tahu asal usul pulau tersebut. Berikut kisah selengkapnya. Tapi cerita ini banyak versinya sperti yang saya dengar dari teman atau keluarga tapi akan saya bahas slah satunya saja yaitu mengisahkan seorang wanita yang sangat sombong bahkan dia juga di benci oleh suaminya sendiri. bahkan ia sering di sumpah karena sikapnya itu. pada saat itu wanita tersebut sedang hamil dan tiba tiba ia pengen makan buah latoh yang berupa tumbuhan laut.. disaat lautan sedang surut pergilah ia mencari latoh tersebut tanpa sadar lautan semakin pasang tidak ada siapapun disekitarnya. ia tidak sadar akan hal itu dan melanjutkan memakan tumbuhan laut tersebut dan pada akhirnya ia terjebak di tengah lautan yang airnya sudah meninggi, ia tidak bisa kembali ke daratan dan akhirnya ia pun tenggelam, mayatnya mengambang dan seperti yang kita lihat sekarang berbentuk seperti orang hamil yang sedang berbaring bukan

2. Legenda Tegul Senubing dan Tanjung Datuk

Batu sindu
Kalian Tahu batu sindu yang terletak di bukit senubing natuna ? di balik keindahan tempatnya daerah ini menyisakan sebuah cerita rakyat yang masih dipercayai penduduk natuna hingga sekarang. Konon pada suatu hari ada seorang pemuda yang berasal dari trgul senubing menjalin cinta dengan seorang wanita yang berasal dari tanjung datuk. dan pada akhirnya mereka merayakan acara pernikahan di tempat wanita tersebut tinggal yaitu di tanjung datuk, sang pemuda beserta rombongannya diterima dengan tangan terbuka oleh pihak perempuan. mereka di berikan sambutan hangat berupa jamuan makanan, pada saat jamuan makanan berlangsung terjadi lah kesalahpahaman antara kedua belah pihak dikarenakan pihak pemuda tidak sengaja mencela pihak wanita, dan pihak wanita juga membalas celaan tersebut dan pada akhirnya terjadilah pertengkaran hebat antara 2 pihak tersebut. merasa terhina, pihak perempuan mengusir pihak laki-laki untuk pulang dan jangan kembali lagi lebih parahnya lagi mereka disumpah agar perjalana pulang mereka tidak selamat. Akibat dari pertengkaran tersebut acara pernikahan di batalkan tetapi sang pemuda dan wanita tersebut masih saling mencintai mereka berharap agar mereka dapat bersatu kembali, tapi harapan itu sia-sia.
Karena sumpah yang di lontarkan pihak wanita kepada pihak pemuda tersebut dan sumpah inilah yang menjadi pantangan bagi kita untuk tidak menyebut tanjung datuk di daerah senubing dan sebaliknya. jika melanggar pantangan tersebut akan mendapat celaka.

3. Legenda Orang Bunian
legenda natuna
Ilustrasi
Orang bunian adalah makhluk yang bentuknya dan kehidupanya sama seperti manusia tapi mereka tidak kasat mata. menurut cerita yang saya dengar kepulauan natuna ini di lindungi oleh orang orang bunian, sehingga musuh tidak dapat melihat pulau ini dari atas udara , pernah sya mendengar bahwa pada masa ppenjajahan ada sebuah pesawat yang menabrak gunung natuna di karenakan pulau natuna yang tidak terlihat dan tiba tiba pesawat tersebut lenyap dari muka bumi ada yang mengatakan pesawat tersebut di bajak oleh orang bunian. Lokasi tempat tinggal orang bunian ini di atas gunung natuna bahkan orang zaman dahulu mempercayai bahwa ada sebuah istana megah di atas gunung milik kaum orang bunian ini. Dan menurut kisah nyata yang saya dengar mereka bisa menghasilkan keturunan dari manusia. ada seseorang yang dikatakan keturunan orang bunian di tempat saya tinggal tapi saya tidak tau pasti kebenaranya. dan sekarang ia masih hidup hingga sekarang.

4.  Legenda Air terjun Gunung Hiu
legenda natuna
Air terjun gunung hiu

Letak lokasi ini adalah di Ceruk salah satu daerah natuna yang terkenal akan buah durianya. sekarang lokasi tersebut sudah menjadi daerah objek wisata natuna yang sangat indah tempat tersebut dijadikan sebuah kolam renang dan tempat wisata outbond. kenapa di sebut Air terjun Gunung Hiu ? Konon katanya hiduplah seekor ikan hiu yang hidup di air tawar yang berada di atas puncak gunung tersebut. Munculnya ikan hiu ini di tandai adanya suara air tertahan hingga bergemuruh yang bisa didengar puluhan kilometer. masyarakat setempat yakin ikan hiu tersebut masih ada hingga kini. ada juga sumber yang mengatakan karena pada zaman dahulu sungai ini terhubung dengan laut sehingga mengakibatkan seekor hiu terbawa arus ke sungai tersebut.

5. Legenda Telapak Kaki raksasa Tok Nyong

Maaf belum ada gambar yang bisa dipastikan
 
Ini merupakan hal unik dinatuna karena banyaknya legenda yang di luar logika salah satunya yang pasti keberadaanya yaitu telapak kaki raksasa yang terukir di atas sebuah batu yang berlokasi masih di daerah ceruk. Menurut cerita yang pernah saya dengar dahulu hiduplah seorang pemuda dengan nama tok nyong, ia tinggal bersama ibunya. karena ibunya adalah seorang yang paling ia sayangi, ia selalu memberikkan apa saja kepada ibunya. pada suatu ketika terjadilah insiden dimana ibunya tok nyong di culik oleh bajak laut. karena marah ketika mengetahui hal tersebut ia pun bertekad menyelamatkan ibunya tersebut, lalu ia mencoba mencabut keris pusaka yang tertancap danmenhentakkan kakinya dengan kuat ke atas batu dan terbentuklah sebuah jejak kaki tersebut.


Saya rasa cukup sampai disini dulu. apabila artikel ini tidak sesuai kenyataan saya minta maaf , tapi saya mengambilnya dari berbagai sumber bahkan dari pemikiran saya sendiri. jangan lupa baca juga Lokasi Menarik untuk dikunjungi di Natuna

Terima kasih kunjungannya!!!

Related Posts

1 comment: